Cara Membuat Foto Makro dengan Cahaya Alami

cara membuat foto makro dengan cahaya alami

Depth of field dangkal (bagian depan dan belakang piring blur). Sebagian nasi goreng spesial pake telor ceplok dan kerupuk terlihat tajam dan pencahayaannya sangat bagus dan alami.

Taruh piring Teman2 yang berisi nasi goreng special pake telor ceplok di dekat pintu terbuka yang disirami oleh cahaya alami dari arah samping … jangan disirami air ya … basah dong, kagak bisa dimakan dooonngg.

Jepretan foto diatas diambil di dalam ruang tamu, ditaruh di atas meja dekat pintu. Ada sebuah pintu terbuka lebar, menghadap ke timur, kemudian tempatkan nasi goreng spesial pake telor tersebut pada posisi di mana cahaya menimpanya dari arah samping (ini akan bantu menambah kedalaman dan dimensi pada foto Teman2).

cara membuat foto makro dengan cahaya alami 2

Untuk jepret makanan sedekat ini, Teman2 butuh lensa makro atau lensa close-up atau lensa zoom yang punya kelebihan makro. Saya gunakan Canon Zoom Lens, tapi Teman2 juga bisa gunakan lensa close-up atau lensa makro … tentu saja kalau Teman2 punya uang lebih untuk membelinya … karena lensa makro dengan kualitas baik dan bukaan besar cukup mahal juga Bro.

Lensa makro dan lensa close-up sudah miliki ruang tajam yang sangat dangkal, tapi untuk mendapatkan tampilan seperti ini (dengan piring yang tidak fokus di bagian depan maupun belakang), tetaplah jepret dengan angka diafragma terendah yang Teman2 bisa (seperti f/2.8 atau f/4). Saya sendiri pake f/5.

cara membuat foto makro dengan cahaya alami 3

Dalam jepretan foto ini saya tidak menggunakan tripod tetapi exposure time 1/60 dan ISO 1600, jadi tidak perlu khawatir Bro hasil jepretan jadi blur karena exposure time 1/60 adalah exposure minimal dimana tangan makhluk bumi yang mulia ini bisa tahan seperti kokohnya tripod berdiri tegak. Kurang dari itu, dijamin 99% foto Teman2 akan sedikit blur, kecuali punya tangan sekelas SUPERMAN … LOL

CALL/WA 0855-777-222-6ABOUT
Call Now Button
%d bloggers like this: