Cara Cepat CLOSING Bisnis Online

Cara Cepat CLOSING Bisnis Online
Cara Cepat CLOSING Bisnis Online

B I S N I S
O N L I N E

Cara Cepat CLOSING Bisnis Online? … mau?! ..

CARA CEPAT CLOSING

Ketika Anda memesan kartu nama atau brosur untuk promosi secara tradisional, apakah Anda bertanya ke Mas2 Penjualnya, bisa CLOSING gak Mas kalau saya udah pesan ke Mas? .. kata Penjual, EGP! emang gue pikiran πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† ..

Pertanyaannya, Anda punya keberaniankah untuk bertanya langsung ke Mas Penjual? πŸ˜€ πŸ˜€ ..

CLOSING bukan urusan Mas Penjual kartu nama atau brosur, Anda lah yang harus bertanggung jawab menyebar kartu nama dan brosur. Dengan mengarahkan tenaga Anda berikut biaya minum teh botol, pastinya tersebar semua .. syukur2 tertarget! …

MEDIA DIGITAL RAJANYA

Persis sama dengan membuat website, akun sosmed, sampai posting ke website dan beberapa akun sosmed. Apakah menjamin CEPAT CLOSING? eittttsss tunggu dulu heheheh…

Kalau anggapan Anda bisa CEPAT CLOSING seperti kasus Mas Penjual kartu nama, jawabannya adalah sama! kata GOOGLE, FB dan platform digital lainnya, EGP!! emang gw pikirin πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† ..

Kalau bisa CEPAT CLOSING, berarti mudah dong, cuma buat website aja dengan beberapa artikel langsung josssss menuju ke halaman 1 google.. dengan kata lain, separuh penduduk indonesia (yang sudah melek digital) akan cepat juga menuju ke halaman 1 google hahahahha … mimpi kali yeee πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Tentunya ada effort yang lebih, konsisten lakukan sehari sekali posting/upload, minimal seminggu sekali …

Perbedaaan mendasar antara OFFLINE dan ONLINE adalah biaya lebih murah hanya dengan ONLINE PRESENCE, EXPOSURE lebih luas dibanding OFFLINE (hanya dengan sekali klik) ..

Dan yang terpenting adalah di jaman NOW ini banyak user/customer menggunakan media digital dibanding media tradisional untuk mencari/membeli produk/jasa yang mereka butuhkan. Kita harus tahu dimana mereka berada/exist di Jaman NOW ini …

Apalagi pada pandemi COVID-19 yang sedang mewabah saat ini, media digital menjadi RAJA!.. physical distancing menjadi salah satu “alasan kuat” untuk menggunakan media digital secara intensif!!..

DARI AWARENESS SAMPAI KE ADVOCACY

Perjalanan CLOSING (terjadi SALES/PENJUALAN)Β  dapat mengacu ke AIDA model (sales traditional) sampai ke Modern Sales Funneling dan akhirnya sampai ke model 5A (AWARE, APPEAL, ACT, ASK, ADVOCATE).

HUMAN-CENTRIC MARKETING, CONTENT MARKETING

Kita dapat mengacu ke model 5A nya Bapak Hermawan Kertajaya (Bapak Marketing Indonesia bahkan Dunia). AWARE, APPEAL, ASK, ACT dan ADVOCATE, yang mana sangat relevan pada Jaman NOW ini…

Ketika Kita sudah lakukan AWARE dengan membuat website, akun sosmed bahkan daftar ke e-commerce populer seperti tokopedia, shopee atau bukalapak artinya Kita sudah lakukan ONLINE PRESENCE (nyemplung ke media digital) dibanding Pesaing! .. Anda sudah lebih dulu dari Pesaing, AUTHORITY (“puncak kekuasaan”) akan bisa diraih dengan cepat dibanding Pesaing..

Sudah lakukan AWARE kok gak ada yang lakukan LIKE yaa, membaca artikel Kita atau melihat video youtube. Artinya ada masalah dengan APPEAL. BRAND ATTRACTION Anda bermasalah? solusi nya adalah dengan HUMAN-CENTRIC MARKETING ..

APPEAL sudah terpenuhi .. ehhh gak ada yang ASK (tanya2 produk/jasa Anda). Anda sedang bermasalah dengan BRAND CURIOSITY! solusinya dengan CONTENT MARKETING ..

OMNI-CHANNEL MARKETING, ENGAGEMENT MARKETING

Udah ada yang tanya2, tapi gak ada yang beli produk/jasa Anda yaa? artinya ada bottleneck dengan ACT, masalah dengan BRAND COMMITMENT. Solusinya adalah dengan OMNI-CHANNEL MARKETING… website Anda berikut media digital lainnya harus tersebar di halaman 1 google, semua dipenuhi dengan nama2 Anda dan nama jualan Anda!..

Pada dasarnya OMNI-CHANNEL MARKETING berurusan dengan USER EXPERIENCE, bagaimana pengalaman Pelanggan berbelanja “sama persis” antara ONLINE dan OFFLINE. Ada kemudahanΒ  ketika loncat dari OFFLINE ke ONLINE dan sebaliknya. Ada istilah O2O (Online to Offline), ada integrasi antara ONLINE dan OFFLINE..

Puffff … panjang juga yaa … yaaa iya lahhh … Anda kan mau jadi RAJA (AUTHORITY)?! … Anda harus mencapai ETA (EXPERTISE, TRUSTWORTHY, AUTHORITY)! …

Yuuuk lanjut, misal sudah ada yang beli bahkan bisa terjadi pembelian berulang, syukur2 menjadi reseller yang bisa membangun bisnis online Anda jadi maknyusss!! … tetapi kok gak ada yang kasih rekomendasi Bisnis Online kita yaa ke orang lain yang membutuhkan??

ADVOCATE Anda bermasalah (BRAND AFFINITY tidak josss) … solusinya adalah dengan ENGAGEMENT MARKETING .. kasih fasiltas ke Pelanggan bagaimana memberikan testimoni, rekomendasi, navigasi like, comment, share, download yang mudah etc ..

KILLING COPYWRITING

Anda harus bentuk ANXIETY (KECEMASAN) dan DESIRE (IMPIAN) Pelanggan melalui COPYWRITING (THAT KILLS)Β … bagian otak manusia berupa LIMBIC SYSYEM (otak tengah Manusia) Anda “aduk2” dalam konteks terhadap Pelanggan. MAXIMIZE PLEASURE dan MINIMIZE SUFFERING adalah fitroh Manusia!

Kata Sigmund Freud (Pelopor Psikoanalisis), ada 3 struktur kepribadian Manusia, ID (DAS ES, ASPEK BIOLOGIS), EGO (DAS ICH, ASPEK PSIKOLOGIS) dan SUPEREGO (DAS UEBER ICH, ASPEK SOSIAL)… atur bagaimana ID yang menyetir EGO dan SUPEREGO!… bagaimana Pelanggan selalu “lapar” terhadap Produk/Jasa Kita!!..

TEKNIK KOMUNIKASI REACH

Komunikasi ke Pelanggan harus Anda benahi juga, dengan R(espect), E(mphaty), A(udible), C(larity), H(umble). Anda harus sopan dengan semua tipe Pelanggan, menunjukkan rasa empati. Jangan sampai menjawab dengan ogah2an apalagi sampai marah2 atau mungkin pertanyaan Pelanggan tidak Anda respons dalam waktu satu hari.

Jangan harap Anda bisa cepat CLOSING kalau REACH bermasalah! … mulutmu adalah harimau mu .. yeaaah ADVOCACY Anda berhasil hehehe, berhasil membuat hal2 yang buruk dan tentu saja bakal menyebar dengan mudahnya melalui media digital!!..

FYI, diantara 10 Orang terkaya di dunia adalah Pemain2 Digital, seperti Jeff Bezos (Amazon), Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerberg (Facebook) etc, ..

Masih mau CLOSING CEPAT kahh?? .. KONSISTEN & GERCEP posting/upload/comment/response/status creation Broooo!!! πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜› πŸ˜› πŸ˜›Β 

Baca juga ini:Β Empat Pendekatan PEMASARAN UMKM Untuk KEBERLANGSUNGAN BISNIS Pada Masa INSIDEN DISRUPTIF

Salam SEHAT SELALU yaa,
Muhammad Idham Azhari, SKom., MMSI, ENSA, CEH, ITIL, BCCP, DRCS
(25+ years in IT/DIGITAL STRATEGY, 15+ years in DIGITAL MARKETING, 5+ years in DIGITAL STARTUP)

by Muhammad Idham Azhari

Call Now Button
CALL/WA 0855-777-222-6ABOUT
%d bloggers like this: