Apa Itu SALES FUNNEL

header niko 728 x 90

Sebelum baca artikel, yuk bergabung menjadi MEMBER SB1M (SEKOLAH BISNIS 1 MILYAR) untuk mendapatkan TIPS dan TRIK gimana mendapatkan JUTAAN RUPIAH dari INTERNET. Teman-teman juga dapat KELAS OFFLINE 3X tiap minggu ... YUK KLIK DISINI

Apa Itu SALES FUNNEL

Apa Itu SALES FUNNEL

Apa Itu SALES FUNNEL

APA ITU SALES FUNNEL - DIGITAL MARKETING APPROACH
APA ITU SALES FUNNEL – DIGITAL MARKETING APPROACH

SALES FUNNEL itu ibaratnya perjalanan SALES Anda (CUSTOMER JOURNEY). Seperti Anda mempunyai 100 Prospek didalam database dan Anda menghubungi nya satu persatu (TRADITIONAL).

Setelah itu Anda mendapatkan Calon Customer sebanyak 10 dan seterusnya mendorong 10 Calon Customer tersebut supaya menjadi benar-benar Pelanggan Anda.

Dunia Hanya Dalam Genggaman
Dunia Hanya Dalam Genggaman

Syukur-syukur Anda mendapatkan 10 Calon Customer tersebut menjadi POTENTIAL BUYER dan mengharapkan menjadi pembeli setia (seperti yang digambarkan oleh Bapak Hermawan Kertajaya sebagai ACT AGAIN).

Hermawan Kertajaya adalah Pakar Pemasaran Indonesia, CEO Markplus (Perusahaan Konsultan Marketing), Presiden “World Marketing Association” dan dinobatkan sebagai “50 Gurus Who Shaped The Future of Marketing”.

Customer Path From Individual
Customer Path From Individual

TRADITIONAL SALES FUNNEL cenderung menerapkan OUTBOUND MARKETING, artinya Anda harus mendekati Prospek, dengan cara COLD CALLING, mengadakan pameran, sebar brosur, beriklan di Koran atau media TV dan lain-lain. Ini membutuhkan waktu yang panjang dan biaya yang besar dan kadang tidak tertarget.

Traditional Sales Funnel
Traditional Sales Funnel

MODERN SALES FUNNEL (DIGITAL MARKETING APPROACH) menerapkan INBOUND MARKETING, dimana Prospek sudah tertarget, mereka menghampiri kita (karena ONLINE PRESENCE) dan tentunya biaya dapat ditekan.

Yang akan saya jabarkan disini adalah SALES FUNNEL dengan DIGITAL MARKETING APPROACH. Salah satu konsep inti dalam industri DIGITAL MARKETING adalah SALES FUNNEL.

Para MOTIVATOR Terkenal Indonesia Ramai Membicarakan DIGITAL MARKETING dan BISNIS ONLINE

Para MOTIVATOR Terkenal Indonesia Ramai Membicarakan DIGITAL MARKETING dan BISNIS ONLINE

Jika Anda bertanya-tanya apa itu SALES FUNNEL, bayangkan FUNNELING (CORONG) secara riil. Di bagian atas corong itu, beberapa zat dituangkan ke dalam, yang menyaring ke arah satu tujuan yang terbatas.

Dalam penjualan, sesuatu yang serupa terjadi. Di bagian atas, banyak VISITOR yang tiba yang mungkin masuk ke FUNNELING Anda. Namun, tidak seperti corong dunia nyata, tidak semua yang memasuki SALES FUNNEL akan terus menuju ke ujung yang paling bawah.

SALES FUNNEL didalam OTOMASI MARKETING

Didalam MARKETING AUTOMATION, SALES FUNNELING sering digambarkan sebagai proses multi-step (CUSTOMER JOURNEY), yang mengarahkan Propek ke Pembeli. Kenapa multi-step? karena banyak yang harus terjadi didalam rentang waktu yang dimana Prospek harus cukup AWARE dahulu untuk memasuki FUNNELING Anda, hingga mereka melakukan ACTION dan berhasil menyelesaikan pembelian.

Ada serangkaian email berurutan (Email Marketing) yang mencakup hal-hal seperti STORY TELLING (personalized), tutorial, dan kadang mengarah untuk mengikuti Webinar, dan tentu saja suggestion produk atau jasa.

Kenyataannya adalah kebanyakan Prospek tidak akan membeli dari situs Anda pada kunjungan pertama, terutama jika mereka baru saja mengenali Anda. Ini membutuhkan waktu.

Dengan demikian, FUNNELING adalah proses multi-step, karena ada berbagai hal untuk membangun hubungan dan “sentuhan” yang bakal terjadi pada beberapa tahap.

Sebagian besar ini penting dalam psikologi Pembeli. Pemasar terbaik di dunia tahu bahwa ada proses psikologis yang harus terjadi agar Prospek menggunakan kartu kredit mereka dan berubah menjadi Pembeli atau bahkan Pembeli Hiperaktif atau Pembeli Berulang/REPEAT CUSTOMER (CUSTOMER RETENTION).

SALES FUNNEL (DIGITAL MARKETING APPROACH) ADALAH..

Untuk lebih memahami konsep SALES FUNNEL dan bagaimana Anda dapat menerapkannya dalam Bisnis Anda sendiri, mari lihat gambar berikut. Di sisi kiri gambar, Anda melihat magnet (LEAD MAGNET). Magnet itu menarik Lead (Calon Pelanggan), lead adalah calon Pelanggan dari bisnis Online Anda.

Dari BLOGGING ke media sosial hingga iklan berbayar, bagaimana Pengunjung tiba di situs web Anda memiliki dampak pada keberhasilan FUNNELING Anda.

Modern Sales Funnel
Modern Sales Funnel

So, SALES FUNNEL (DIGITAL MARKETING APPROACH) adalah tahap perjalanan Pembeli (CUSTOMER PATH) pada sebuah BISNIS ONLINE, dimulai dari AWARE

TOFU
TOFU

NESS ke VISITOR sampai dengan ACTION yang akan mendapatkan Penjualan dan berlanjut ke CUSTOMER RETENTION (Pembeli yang berulang atau Pembeli yang akan ikut membangun BISNIS ONLINE Anda).

SALES FUNNEL dimulai dari TOFU (Top-of-Funnel), berlanjut ke MOFU (Middle-of-Funnel) dan terakhir adalah BOFU (Bottom-of-Funnel). CUSTOMER LIFECYCLE harus diterapkan setelah masuk ke BOFU.

Berikut penjelasan dari TOFU sampai dengan BOFU dan akhirnya terbentuk CUSTOMER LIFECYCLE yang bertujuan untuk meningkatkan REVENUE dan memperluas BISNIS.

#1 Awareness (TOFU, Top-Of-Funnel)

Bagian penting pertama bagi SALES FUNNEL adalah apa yang terjadi saat VISITOR tersebut (kita bisa juga sebut sebagai Prospek) benar-benar datang.

Melalui berbagai cara, tentunya banyak yang telah Anda lihat di Jagad Raya Internet, seperti pendaftaran ke Newsletter, Download e-book, Kuis Online,  Short Videos, Blog Post, Ebook, Social Media Updates, Infographic, Audio Podcast dan masih banyak lagi. Prospek tersebut masuk ke SALES FUNNEL Anda melalui penawaran menarik.

Tujuan keseluruhan SALES FUNNEL berikut platformnya adalah untuk memecahkan masalah Pelanggan Anda. Bila Anda mengetahui masalahnya, dan Anda membangun konten untuk menarik mereka masuk, lalu tawarkan kepadanya sebuah Produk atau Layanan untuk memecahkan masalah mereka, saat itulah keajaiban sesungguhnya terjadi.

Namun, sampai ke tahap itu butuh kerja dan Anda harus mengumpulkan AWARENESS mereka terlebih dahulu.

Seperti yang dikatakan oleh Bapak Hendrik Ronald, seorang Pakar SERVICE EXCELLENCE Indonesia pada tanggal 29 November 2017, melalui Grup WA KOMPASS.

Beliau mengatakan, “Customer = orang yang punya masalah, Sales = orang yang bisa menyelesaikan masalah customer”. “Selesaikan masalahnya setulus hati. Jangan jual produk, selesaikan masalahnya. Dia langsung setia.”

Customer adalah Orang yang Punya Masalah
Customer adalah Orang yang Punya Masalah
Pakar Service Excellence Indonesia
Pakar Service Excellence Indonesia

Ini beberapa kutipan Bapak Hendrik Ronald (Pakar SERVICE EXCELLENCE No. 1 di Indonesia):

Gampang. Kita sebagai seller kan berhak pilih2 customer. Pilh customer yang sesuai dengan kriteria kita. Bantu mereka habis2an. Pasti mereka setia sama kita.

Kita tuh sering kali merasa bahwa customer akan datang begitu saja. Kalau kita buka bisnis, maka customer akan datang berbondong-bondong.

Kalau kita buka restoran, sediakan meja makan dan menu yang enak (menurut kita), maka customer akan langsung beramai-ramai datang.

Padahal gak seperti itu adanya. Kita harus kerja keras, sungguh2 kerja keras. Kita harus membuat semuanya gampang bagi customer.

Produk Kita Bisa Mengatasi Masalah Orang
Produk Kita Bisa Mengatasi Masalah Orang
Customer itu Mirip Dewa

Customer itu punya sifat mirip dewa. Kalau memesan sesuatu, poof, kalau bisa barang itu datang saat itu juga!

Customer itu punya sifat mirip dewa. Kalau gak suka, dia langsung bertindak, menghukum dengan cara tidak akan kembali lagi.

Customer itu punya sifat mirip dewa. Suka diperhatikan dan dipuja. Kalau dia sedang butuh sesuatu, kita harus ngeh.

Customer itu egonya tinggi banget.

Customer pasti akan mendapatkan apapun yang dia inginkan dengan harga yang dia inginkan. Itu cuma masalah kapan dan siapa yang memberikannya.

Melayani Para Dewa

Dalam melayani para ‘dewa’ ini, bodohlah kalau kita mau mengerjakan semuanya sendiri. Kita mesti kerja sama dengan para pelayan lain. Kalau bisa kerja sama dengan yang sudah ahli.

Kalau ibarat melayani dewa yang baru saja balik ke istana, janganlah memasak, menghidangkan makanan, memijat dewa, semuanya sekaligus. Bisa mati kecapekan.

Walaupun kita adalah tempat istirahat para dewa, mesti kerja sama dengan yang ahli. Misalnya ahli masak, ahli pijat, ahli kipas-kipas, ahli bukain sepatu. Lha, kalau begitu tugas kita adalah ahli apa donk? Kita adalah ahli nyuruh para ahli. Hehehehe.

Dewa suka yang enak, instant, murah, perhatian. Gak suka kalau ribet. Ingin effort-nya kecil.

Oleh karena itu maka perhatikan Dewa Effort Score. Ini adalah angka yang menentukan berapa besar usaha dewa untuk mendapatkan sesuatu. Baik besar usaha saat mau memulai transaksi sama kita, maupun besar usaha saat mau meninggalkan kita.

Pelayan Dewa Level Awal

Bagi para pelayan dewa level awal, mereka akan berusaha agar effort MEMULAI transaksi sekecil mungkin. Gampang untuk masuk, memesan, menikmati.

Namun bagi para pelayan dewa level mahir, mereka bahkan berusaha agar effort untuk MENINGGALKAN mereka sekecil mungkin. Agar gampang bagi dewa untuk bertransaksi dengan pelayan lain. Kenapa? Agar mereka mawas diri. Bisa terus meningkatkan diri. Agar, kalau dewa cinta sama mereka, cintanya memang sungguh-sungguh karena mereka itu bagus. Sehingga mau dirayu seperti apapun oleh pelayan lain, hati dewa tidak akan bergeming.

Terjemahan (bagi yang gak bisa bahasa dewa):

Saat saya kerja sama dengan client, saya akan membuatnya segampang mungkin bagi customer untuk complain dan meninggalkan saya.

Agar saya totalitas dan sungguh2 memberikan yang terbaik buat customer. Agar level saya bisa selalu jauh di atas competitor. Sehingga customer benar2 cinta dengan apa yang dia dapat.

Balik ke bahasa dewa:

Pelayan dewa yang level bego (maaf), mereka gak perduli dengan effort dewa. Mereka malah sering berdebat dan mengajak dewa berantem. Hahhahaha.

Kalau sudah begitu, jelas dewa akan terbang ke tempat yang lain.

Ingat, buat gampang bagi para dewa untuk mampir dan meninggalkan anda. Salam Dewa! (Hendrik Ronald)

DIGITAL MARKETING Cocok untuk Para Dewa

Nahh apa yang diutarakan Pak Ronald tadi, DIGITAL MARKETING sangat cocok untuk para DEWA di zaman NOW ini, dari suguhan AWARENESS yang sangat mudah di-set dan low cost sampai dengan CUSTOMER RETENTION yang tidak melibatkan banyak pelayan DEWA. Biarkan mesin DIGITAL MARKETING yang bekerja.

Tetapi perlu diingat, suguhan yang benar2 MANUSIA masih diperlukan (tergantung Bisnis nya), seperti Entertain untuk Customer, menyapa melalui telepon atau WhatsApp dan untungnya kegiatan ini tidak perlu sesering apa yang dilakukan TRADITIONAL MARKETING.

Begitu prospek berada dalam FUNNELING “STORY-TELLING”, Anda telah mencapai puncak AWARENESS mereka. Itu adalah tahap pertama FUNNELING. Namun, mendapatkan prospek yang Aware akan produk dan jasa Anda bukanlah prestasi yang luar biasa.

Bergantung pada bagaimana mereka sampai ke situs web Anda (secara organik atau melalui iklan berbayar), Pelanggan tersebut mungkin melihat FUNNELING Anda secara berbeda dan opt-in rates Anda akan bervariasi secara signifikan.

WEB AUTHORITY Sangatlah Penting untuk SALES FUNNEL

Misalnya, ketika Pelanggan menemukan Anda secara organik melalui searching Google misalnya, itu berarti Anda memiliki beberapa elemen otoritas (DOMAIN AUTHORITY atau WEB AUTHORITY).

Bila Anda memiliki Web Authority, Prospek lebih cenderung masuk ke FUNNELING Anda karena mereka tahu bahwa jika mereka menemukan Anda dengan relevan (keyword Anda tertarget dan tentunya konten juga related), bahwa apa pun yang Anda berikan pasti sangat berharga. Itu hanya perihal teknik SEO dan searching organik.

Tentu saja, terlepas dari bagaimana mereka masuk ke FUNNELING Anda, sasaran Anda sebagai Pemasar adalah memindahkannya melalui beberapa tahap yang akan membawa mereka dari Prospek ke Pembeli.

Dan begitu mereka AWARE akan Anda, Anda perlu membangun INTEREST mereka. Untuk melakukan ini, Anda perlu menjalin hubungan dengan Pelanggan. Anda mungkin telah menarik mereka dengan tawaran yang bagus (LEAD MAGNET) untuk mengambil email address mereka.

Pada dasarnya orang-orang di Jaman NOW ini sangatlah pintar. Mereka tidak hanya akan membeli sesuatu dari siapapun  sampai mereka merasa ada sejumlah besar nilai yang bisa didapat di sana.

Dengan demikian, FUNNELING Anda perlu membangun VALUE tersebut dan mengolahnya melalui berbagai cara. Tapi yang paling penting, Anda harus menciptakan ENGAGEMENT yang kuat dengan prospek Anda, dan itu terjadi dengan mengikutsertakan STORY TELLING, jujur dan transparan dalam urutan email Anda (EMAIL MARKETING).

Seperti yang dikatakan Bapak Marketing Indonesia (Hermawan Kertajaya), Marketing 4.0 mengadopsi KEJUJURAN Nabi Muhammad SAW dalam berniaga.

#2 Interest (MOFU, Middle-Of-Funnel)

MOFU
MOFU

Anda mendapatkan INTEREST Prospek melalui urutan email (EMAIL MARKETING). Anda mulai STORY TELLING dengan mereka. Tentu saja, implementasi ini tidak mudah.

Anda perlu terlebih dahulu mengembangkan STORY Anda, kemudian memutuskan bagaimana Anda akan menyampaikan cerita-cerita itu. Misalnya email pertama Anda mungkin keluar pada hari saat mereka mendaftar pertama kali, lalu satu email per hari mungkin akan keluar setelahnya. Berapa banyak yang akan berbasis cerita (STORY TELLING) dan berapa banyak penawaran?

STORY TELLING PT Smart Tbk
STORY TELLING PT Smart Tbk
STORY TELLING Kartu Jenius
STORY TELLING Kartu Jenius

Anda juga perlu melatih prospek Anda untuk mengklik tautan (LINK). Misalnya, Anda dapat melatih mereka untuk klik pada tautan dari apa yang menarik minat mereka atau menautkannya ke sebuah BLOG atau akhirnya ke produk atau layanan yang Anda jual, namun Anda perlu melatihnya untuk membangun kebiasaan mengklik tautan tersebut dari awal.

#3 Decision (MOFU, Middle-Of-Funnel)

Tahap selanjutnya adalah DECISION. Mendapatkan Prospek untuk membuat keputusan tidaklah mudah. Bagaimana cara terbaik untuk mendapatkannya? Selain seni STORY TELLING, COPYWRITING dan membangun kebiasaan mengklik tautan.

Anda harus memiliki banyak CUSTOMER REVIEW dan TESTIMONI pelanggan. Dan dapat disertakan juga Software Download, Discount/Coupon, Free Trial,  Product Comparison, Spec Sheet, Webinar, dan lain-lain, Ini adalah salah satu cara paling ampuh yang bisa membuat orang mengambil ACTION.

Tentu saja, jika Anda memakai iklan berbayar, Anda juga bisa menggunakan RE-TARGETING (atau RE-MARKETING) Facebook dan Google untuk menjaga agar tingkat AWARENESS dan tingkat INTEREST tinggi.

Misalnya, jika Anda perhatikan di Internet, setelah Anda meninggalkan situs web tertentu, Anda akan mulai melihat iklan mereka di mana-mana, ada alasan khusus untuk itu. Khususnya jika mereka sudah memasuki SALES FUNNEL Anda, ini adalah cara yang sangat ampuh untuk membuat mereka bertindak (ACTION).

Misalnya, Anda dapat menunjukkan kepada mereka iklan RE-TARGETING yang memiliki VIDEO TESTIMONI atau REVIEW oleh pelanggan lain. Jika Anda memiliki publikasi media yang telah ditulis tentang Anda, Anda bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk menonjolkannya. Ketika mereka melihat ini di SALES FUNNEL Anda dan Anda mengikuti mereka dengan RE-TARGETING, ini merupakan elemen penting untuk EXPOSURE.

"<yoastmark

"<yoastmark

"<yoastmark

Tapi bagaimanapun Anda membuat mereka memutuskan untuk bertindak, tidak semudah membalikkan tangan. Anda perlu mempresentasikannya dengan cara berbeda seperti berikut ini:

CURIOSITY

Adalah strategi untuk meraih perhatian seseorang yang akan membuat mereka membaca, menonton atau mendengarkannya. Anda bisa mengajukan pertanyaan yang sedikit provokatif, menggunakan pernyataan kejutan, membuat pernyataan yang sedikit bertentangan dengan aturan baku dan masih banyak lagi.

BENEFIT

BENEFIT apa yang akan dicapai oleh Pelanggan Anda? Apa kebenarannya dari lubuk hati yang paling dalam, yang ingin mereka capai? Untuk melihat apakah Anda bisa lebih dalam lagi menyelami Audiens Anda. Dengan adanya kebijakan iklan Facebook yang ketat, terkadang menggunakan pernyataan berbasis BENEFIT dapat melanggar kebijakan iklan dan membuat iklan Anda tidak disetujui. Bacalah secara seksama bagian Kebijakan Iklan Facebook.

Contoh Iklan dengan BENEFIT dan lain lain
Contoh Iklan dengan BENEFIT dan lain lain

AUTHORITY / CREDIBILITY

Mengapa orang harus mendengarkan Anda? Apa kredibilitas atau wewenang yang Anda miliki di jagad raya Internet untuk membuat orang ingin memperhatikan Anda, lakukan apa yang Anda minta mereka lakukan. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa tampil sombong. Namun, Anda akan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi saat Anda mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Berapa banyak otoritas yang dimiliki produk atau layanan Anda? Adakah orang yang dihormati atau seleb yang telah meng ENDORSE Anda? Studi ilmiah yang mendukungnya? Apakah Anda sendiri memiliki AUTHORITY (WEB AUTHORITY atau DOMAIN AUTHORITY)? Semua elemen ini ikut berperan dalam proses ini.

COMMITMENT & CONSISTENCY

Ketika orang berkomitmen terhadap sesuatu, mereka cenderung membeli dari Anda. Itulah sebabnya memberikan tawaran FREE DELIVERY atau FREE GIFT atau dengan menyetujui sesuatu yang telah Anda katakan dengan cara tertentu. Ini adalah prinsip yang kuat dalam penjualan dan jika Anda memperhatikan beberapa Pemasar terbaik di dunia, Anda akan menyadari bahwa mereka bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan komitmen Anda terhadap sesuatu, bahkan jika awalnya sangat kecil (seperti FREE DELIVERY dan GIFT tadi).

LIKING

Ketika orang menyukai Anda (tentu saja dikaitkan dengan STORY TELLING tadi), mereka cenderung membeli sesuatu dari Anda. Seberapa baik Anda menyusun cerita Anda dan menyampaikannya kepada prospek Anda akan memainkan peran besar apakah mereka memutuskan untuk bertindak atau tidak.

SOCIAL PROOF

Apakah Anda memiliki SOCIAL PROOF? Orang-orang di media sosial mengoceh atau membicarakan betapa hebatnya produk atau layanan Anda? Kira-kira Anda memiliki beberapa jenis bukti SOCIAL PROOF lainnya? produk terlaris ? sangat penting disajikan kepada Prospek jika Anda memilikinya.

SCARCITY

Berapa banyak kelangkaan (SCARCITY) yang telah Anda masukkan ke dalam urutan email Anda (EMAIL MARKETING)? Sekali lagi, orang-orang sangat cerdas, tapi bila Anda menerapkan prinsip kelangkaan, karena hanya ada sedikit tawaran atau waktu yang tersisa sebelum diskon kadaluarsa atau slot tersedia untuk kelas online, ini membujuk orang untuk mengambil tindakan (ACTION).

AHA! MOMENT

Informasi apa yang bisa Anda ungkapkan atau STORY-TELLING apa yang bisa Anda ceritakan ke Audiens? Bagaimana Anda bisa memberikan seseorang inspirasi? Buat mereka AWARE pada sesuatu yang mereka tidak tahu bahwa itu ada, tidak tahu bahwa itu sudah tersedia, atau sesuatu yang lain yang akan memberikan mereka sebuah momen “Aha!”?

Anda tidak akan bisa melakukan ini di semua iklan Anda, namun bila sesuai, baik dalam copy ad atau video Anda, ini sangat powerful di banyak level. Itu membuat orang segera mempercayai Anda dan ingin belajar lebih banyak. Dan itu membuat iklan Anda jauh lebih mudah dibagikan. Ini sangat menakjubkan pada algoritma Facebook – iklan yang lebih banyak dapat dibagikan (SHAREABLE), semakin banyak penghargaan didapat dari Facebook seperti biaya klik lebih murah, biaya tayangan (IMPRESSION) lebih murah, tampilan (VIEW) lebih murah, lebih banyak IMPRESSION dan ROI yang lebih tinggi.

CALL-TO-ACTION (CTA)

ACTION apa yang ingin dilakukan Audiens selanjutnya? Bagaimana Anda bisa memasukkan CTA yang natural ke dalam copy ad atau video ad Anda? Jika Anda tidak menjelaskan dengan jelas apa yang Audiens inginkan, mereka tidak akan melakukannya (tidak ACTION). Ingat, orang sangat terganggu dan mungkin hanya melihat sekilas iklan Anda.

#4: Action (BOFU, Bottom-Of-Funnel)

BOFU
BOFU

Tahap akhir dari SALES FUNNEL adalah ACTION dimana mereka melakukan pembelian.

Sekali lagi, seberapa baik Anda memindahkan mereka melalui berbagai tahap FUNNELING akan membuat Anda dapat mencapai CONVERSION yang bagus. Misalnya, jika 100 orang mengklik penawaran Anda dan 10 orang memasuki SALES FUNNEL Anda dilanjutkan dengan pembelian , Anda memiliki konversi 10 persen.

Namun, bagian terbaik dari hal ini, dan CUSTOMER PATH yang diambil pebisnis untuk SCALING bisnis mereka, adalah jika Anda tahu bahwa memasukkan 100 orang ke situs Anda menghabiskan biaya sebesar $200, misalnya, namun Anda mendapatkan dua orang untuk mengkonversi masing-masing $400 , maka Anda memiliki RETURN $800 dari $200 yang diinvestasikan (400 persen). Bila Anda tahu itu, saat itulah seluruh STRATEGY berubah dan Anda bisa memperkirakan penawaran Anda secara tak terbatas.

Ini bagaimana pemasar terpintar di dunia mencermati bisnis mereka. Mereka tahu nilai konversi dan mereka telah mengutak-atik dan menyempurnakan SALES FUNNEL mereka, jadi mereka mengejar ini dengan sepenuh hati dengan hanya SCALING tawaran mereka.

Jika Anda tahu itu, dengan menginvestasikan $1 Anda akan mendapatkan $2 kembali, Anda akan menginvestasikan $1 berulang-ulang. Mantaab kan ?!

Yaa benar berulang-ulang atau Repeat Customer, jauh lebih dahsyat karena mereka secara konsisten akan datang kembali untuk membeli Produk Anda.

Apalagi Anda tambahkan MEMBERSHIP PROGRAM, LOYALTY REWARDS dan yang paling penting adalah AFFILIATE MARKETING atau analoginya Anda membangun Re-Seller baru (seperti Komunitas SB1M, http://classofsb1m.com/). Bisnis Online Anda tentunya akan GROWTH secara fantastis bilamana AFFILIATE MARKETING berjalan dengan baik.

Kontrak Jangka Panjang dengan CUSTOMER
Kontrak Jangka Panjang dengan CUSTOMER
Affiliate Marketing SB1M
Affiliate Marketing SB1M

Satu hal lagi adalah menjaga hubungan dengan Customer melalui AWARENESS yang konsisten dan mereka akan rela membantu Anda untuk mempromosikan BRAND Anda. Ini istilah ADVOCACY yang dijabarkan Bapak Hermawan Kertajaya di dalam Marketing 4.0

Customer Path From Individual to Social
Customer Path From Individual to Social

Kesimpulan

Dengan menerapkan tool SALES FUNNEL, Anda pasti bisa mengurangi kerumitan, namun masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. COPYWRITNG perlu dibuat dengan LANDING PAGE / SALES PAGE yang atraktif, TRACKING (GOOGLE ANALYTICS) perlu dipasang dan EMAIL MARKETING perlu disetting. Tapi itulah yang dibutuhkan untuk SALES FUNNEL – DIGITAL MARKETING.

Copywriting
Copywriting

Pikirkan tentang hal itu saat Anda membangun SALES FUNNEL. Kerumitan dalam bisnis ini benar-benar dapat membawa Anda dari yang tidak diketahui menjadi mahir melalui seni SCALING penawaran yang sangat mudah dikonversi. Jangan mencoba mengambil jalan pintas atau hacking, karena algortima GOOGLE dan FACEBOOK sudah sedemikian canggihnya dan luangkan waktu untuk BELAJAR dan RISET jika Anda ingin akhirnya menuai keuntungan dan hasil.

Mohon diingat, pendekatan secara TRADITONAL masih dibutuhkan untuk beberapa BISNIS (terutama B2B). Seperti COLD-CALLING, CANVASSING (seperti Bisnis Asuransi), ENTERTAIN ke Pelanggan atau sekedar Meet-up untuk SILATURAHIM atau memperbesar BISNIS Anda.

Sales Funnel (DIGITAL MARKETING APPROACH) yang tepat, dikonfigurasi dengan cara yang tepat, dapat mengotomatisasi pemasaran Anda dan membantu Anda mengukur pendapatan Anda dengan AUTOPILOT. Dan jangan lupa, sangat hemat biaya dibanding TRADITIONAL SALES FUNNEL.

Untuk Perusahaan yang besar dapat menggabungkan solusi DIGITAL MARKETING dengan aplikasi CRM dan BUSINESS INTELLIGENCE.

Digital Marketing dikawankan dengan Solusi CRM dan Business Intelligence
Digital Marketing dikawankan dengan Solusi CRM dan Business Intelligence

Last but not least, Anda dapat mengambil jalan pintas dalam hal BELAJAR dan RISET DIGITAL MARKETING dan BISNIS ONLINE. Anda dapat mempelajari metode SALES FUNNEL (DIGITAL MARKETING) di SB1M http://classofsb1m.com/.

Belajar dari beberapa Pebisnis Offline yang berhasil mengkonversikannya ke Pebisnis Online dan yang terpenting adalah Anda tidak perlu pusing dengan algortima GOOGLE, FACEBOOK dan platform lainnya yang tiap saat berubah. Ada tim riset nya dan di-support oleh banyak Mentor yang berpengalaman.

Solusi Digital Marketing dengan Sistem SB1M
Solusi Digital Marketing dengan Sistem SB1M

Kabar terbaiknya adalah Anda dapat membuat START-UP DIGITAL atau UMKM ONLINE melalui Pembelajaran dan Success Story di KOMUNITAS BISNIS ONLINE & INTERNET MARKETING SB1M. Banyak sekali member SB1M yang berhasil menjadi PEBISNIS ONLINE dan DIGITAL MARKETER SUKSES.

Pendaftaran PAID MEMBER SB1M disini (DISKON AKHIR TAHUN 2017 sebesar 1 JUTA!), daftar segera, QUOTA terbatas!!

http://classofsb1m.com/

Saya akan membantu Anda untuk membangun START-UP DIGITAL atau UMKM ONLINE, dimulai dari pendanaan secara BOOTSTRAP (mandiri) sampai ke ANGEL INVESTOR.

Klik link berikut untuk KONSULTASI STAR-UP DIGITAL atau UMKM ONLINE:

http://bit.ly/TanyaSB1MID

atau CALL 0855-777-222-6

Alternatif lain ketika Anda sudah JOIN SB1M selain menjadi PEBISNIS ONLINE, membangun START-UP DIGITAL atau UMKM ONLINE adalah membangun DIGITAL MARKETING AGENCY atau menjadi Profesional DIGITAL MARKETING atau minimal membuka PELUANG KURSUS DIGITAL MARKETING / BISNIS ONLINE.

Baca juga: Diskon Akhir Tahun SB1M 1 Juta

by Muhammad Idham Azhari

Sedikit sharing buat Teman-teman, ternyata belajar INTERNET MARKETING dan BISNIS ONLINE di SB1M sangat menyenangkan sekali ... gak ribet ... gak pusing seperti kerja kantoran dan tentu saja menghasilkan JUTAAN RUPUAH hanya dari satu WEBSITE! ... bahkan ada ROADMAP untuk menembus 1 MILYAR !!! ...


Banner 300 - Jangan salahkan laptop 1


Teman-teman bisa HUBUNGI Idam segera, EMAIL: muhammadidhamazhari@gmail.com, TEL/SMS/WA: 08557772226, WA: 081807772226Atau yang mau FREE CLASS 3X ... klik gambar di bawah ini ... buruan sebelum FREE MEMBER ditutup ...


banner free member 300 x 250




 
CALL 0855-777-222-6CLICK!