6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram

6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram
6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram

Instagram Marketing

Berikut ini ” 6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram “. Selain melalui Website, Teman-teman bisa menggunakan platform Instagram untuk saran jualan atau promosi Produk / Jasa.

6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram

Teman2 dapat membuat posting-an Instagram yang tidak seperti menjual (soft selling), karena banyak yang tidak suka dengan materi iklan walaupun Instagram tidak melarang hard selling, tetapi Instagram sedang mengarahkan Pengguna nya yang berjualan dapat memanfaatkan Instagram Ads (iklan berbayar).

Dari ratusan juta Pengguna aktif bulanan dan akan bertambah terus tiap harinya, Instagram menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan. Kelihatannya seperti A New Google atau A Little Google.

Teman2 perlu membuat posting konten asli yang bertujuan untuk kepercayaan konsumen yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan.

Perlu disadari media sosial adalah tempat bagi orang untuk mengkonsumsi konten yang menarik dan tidak melulu melihat iklan. Jika Teman2 menggunakan Instagram dengan benar, itu bisa menjadi sarana yang efektif untuk menampilkan produk Teman2 dengan cara soft selling ke konsumen yang ditargetkan.

Sama seperti ketika orang-orang mengubah channel saat iklan muncul di televisi, benarkan? kecuali acara TV itu sangatlah menarik dan ditunggu-tunggu.

Yuuk simak 6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram …

#1 MEMBUAT KONTEN YANG BERKUALITAS (MENJUAL)

Teman2 cukup mempublikasikan konten berkualitas tinggi, seperti gambar yang bagus dan video yang menarik. Minimal Audiens Teman2 yang tidak tertarik untuk membeli jualan Teman2 akan dapat menikmati konten Teman2.

Mereka yang tertarik dengan produk Teman2 bisa menjelajah lebih jauh dan membelinya jika mereka menginginkannya. Kabar baiknya, konten berkualitas  dapat dibuat dengan mudah menggunakan HP Teman2, gambar asli dan video singkat asli.

#2 SHARE KONTEN PERIHAL PENGALAMAN ATAU TESTIMONI

Terlalu sering orang memposting konten yang bertujuan menjual produk, namun tidak meluangkan waktu untuk meyakinkan konsumen bahwa mereka akan menikmati produknya.

Jika Teman2 melihat-lihat Instagram dan melihat ada konten jualan, kemungkinan Teman2 akan sedikit bertanya bagaimana kualitas produknya.

Share pengalaman atau testimoni tampaknya lebih otentik dan mengurangi risiko yang dirasakan Pengguna untuk membeli produk secara online.

Banyak orang mengatakan bahwa mereka lebih suka melihat orang sungguhan dalam sebuah postingan jualan daripada hanya menampilkan produk atau jasa.

Mengetahui orang lain memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan produk tersebut, akan mendorong mereka untuk berpikir bahwa mereka juga akan memiliki pengalaman yang menyenangkan

#3 MANFAATKAN SEMUA FITUR INSTAGRAM

Sebagai platform yang terus berkembang, Instagram sering mengeluarkan fitur baru, dan ini biasanya menawarkan peluang penjualan yang unik. Misalnya, Instagram Stories masih merupakan bagian yang cukup baru dari platform namun sudah memiliki ratusan juta pengguna aktif setiap hari.

Ini berarti Teman2 akan kehilangan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens yang besar jika Teman2 mengabaikannya. Masuk lebih awal dan memanfaatkan setiap kesempatan yang Teman2 miliki untuk berinteraksi dengan pengguna, akan membangun pemirsa yang bagus (lead generation).

Instagram bisa menjadi platform hebat untuk mengubah calon pelanggan menjadi penjualan nyata, entah Teman2 menjual kursus online atau jual produk kesehatan.

Memanfaatkan peluang Teman2 untuk keterlibatan pengguna dan promosi produk dengan cara alami sangat penting untuk penjualan secara efektif, dan jika dilakukan dengan benar dapat mengubah platform Teman2 menjadi bisnis bernilai jutaan rupiah.

#4 LEVERAGE MELALUI INSTAGRAM ADS

Melalui Instagram Ads (lewat iklan Facebook), Teman2 dapat mempromosikan posting-an di Instagram untuk membuat engangement dan menyarankan mereka untuk mengklik situs Web Teman2. Kedua hal ini bisa menjadi sarana efektif untuk meningkatkan penjualan.

Instagram Ads dapat efektif untuk meningkatkan kedua variabel berikut ini, ukuran audiens Teman2 dan tingkat konversi untuk mengunjungi Web Teman2. Iklan berkualitas tinggi dapat berfungsi sebagai konten berkualitas tinggi.

Begitu ada minat Pengguna (dengan adanya banyak like), Teman2 pastinya memerlukan CTA (Call To Action) berupa tombol atau link untuk meyakinkan mereka agar mengklik Web Teman2.

#5 GUNAKAN SOFTWARE (GRATIS ATAU BERBAYAR)

Teman2 dapat menggunakan software untuk meningkatkan jumlah like atau memberikan comment. walaupun ini terlihat spamming tetapi dapat meningkatkan engagement.

Software juga membantu optimisasi posting, seperti skedul posting dan dapat dikerjakan dengan cepat bila Anda lakukan posting an melalui Laptop.

Software ini antara lain instamate, celebgramme, gramblr dan masih banyak lainnya. Biasanya banyak bermunculan software atau tool baru dan menawarkan banyak fitur.

Jadi, pintar-pintar lah menyeleksi software-software tersebut atau bisa bertanya ke Komunitas Bisnis Online yang tentu saja mereka adalah Pengguna aktif Instagram berikut software pendukung.

#6 KOLABORASI DENGAN INFLUENCER

Instagram menawarkan sejumlah besar Influencer yang memiliki follower yang sangat besar. Influencer ini dapat membantu Teman2 mendapatkan akses ke Audiens yang tepat untuk produk atau layanan Teman2.

Salah satu manfaat dari kolaborasi influencer adalah Teman2 dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memposisikan iklan dengan cara yang tidak mengandung spam.

Metode pertama untuk bekerja dengan influencer adalah dengan membuat iklan Instagram dan meminta Influencer menyertakan ajakan bertindak yang mengarah ke situs Web Teman2. Bisa melalui akun Instagram Teman2 atau Influencer.

Selanjutnya, Teman2 dapat melakukan kontes di mana Teman2 dan Influencer memposting gambar yang menawarkan hadiah jika orang memfollow Teman2 dan influencer, melakukan like kedua gambar Teman2 dan memberikan tag Teman2 nya Influencer.

Ini memungkinkan Teman2 untuk mengubah folower Influencer ke Audiens Teman2, dan Teman2 kemudian dapat melakukan monetisasi dengan mudah.

Akhirnya, Teman2 dapat menjalankan kemitraan dengan Influencer di mana mereka bisa mengarahkan ke situs penjualan Teman2 dan tentu saja Influencer  mendapatkan persentase dari penjualan Teman2.

Memang terlihat sulit untuk mendapatkan Influencer yang sesuai dengan jualan Teman2, tapi ini dapat Teman2 lakukan dengan cara lain, yaitu memfollow follower mereka (memang terlihat seperti spamming).

Atau mungkin Teman2 punya dana berlimpah? Cari Influencer yang banyak followernya dan tentu saja Seleb terkenal. Setelah itu, siapkan dana jutaan rupiah untuk sekali posting 😉

Baca juga: 9 Strategi Untuk Menjadi Affiliate Marketer Yang Sukses

Demikian ” 6 Cara Lebih Efektif Untuk Jualan Lewat Instagram. Nantikan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat yaaa.

by Muhammad Idham Azhari

Muhammad Idham Azhari
Praktisi Digital Marketing & IT Consultant
0855-777-222-6

Call Now Button
CALL/WA 0855-777-222-6ABOUT
%d bloggers like this: