GERD Adalah Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan

GERD adalah Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan
GERD adalah Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan

Program Klinik KOMPASS-Nusantara

GERD Adalah Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan. Teman-teman mau tahu lebih detail perihal GERD?Yuuuk simak Program KLINIK KOMPASS Nusantara 30 Maret 2018 bersama dr. Mariatul Fadillah, MARS (CEO Azzahra Maternal and Neonatal Hospital Palembang dan Dosen Fakultas Kedokteran Umum Universitas Sriwijaya Palembang), dengan topik : ” Lets Talk About GERD…!!! “,  melalui WAG KOMPASS – Nusantara. Moderator #1: Muhammad Idham Azhari (Co-founder KOMPASS-Nusantara), Moderator #2: Yudi Ananta (Founder KOMPASS-Nusantara).

GERD Adalah Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan

Teman2 …. Nyeri dada ternyata tidak hanya disebabkan kelainan jantung, tetapi juga dapat disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan yang disebut “Gastroesofaghel Reflux Disease” (GERD).

Pasien dengan GERD bisa datang karena nyeri dada dan bisa merasakan rasa panas di dada seperti terbakar (heart burn). Biasanya, nyeri dada ini diikuti juga dengan mulut pahit karena ada asam yang naik (regurgitasi). Dari hasil survei yang kami lakukan melalui media sosial dengan menggunakan kuesioner GERD (GERD-Q), terungkap bahwa antara 20 sampai 30 persen responden kemungkinan mengalami GERD.

GERD dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Hal ini terjadi karena asam lambung atau isi lambung yang naik dapat menyebabkan luka pada dinding dalam kerongkongan awalnya hanya perlukaan. Luka yang terjadi bisa makin luas dan bisa menyebabkan penyempitan dari kerongkongan bawah. Bahkan, GERD dapat menyebabkan perubahan struktur dari dinding dalam kerongkongan yang menyebabkan terjadinya penyakit Barrett’s yang merupakan lesi pra-kanker.

Di luar saluran cerna, asam lambung yang tinggi dapat menyebar ke gigi (erosi dental), tenggorokan (faringitis kronis), sinus (sinusitis), pita suara (laringitis), saluran pernapasan bawah (asma), bahkan sampai paru-paru (fibrosis paru idiopatik). (Sumber : Kompas.com).

Nah kawan jangan lewatkan perbincangan menarik seputar “GERD” bersama Ibu dr. Mariatul Fadillah, MARS (Konsultan Kesehatan KOMPASS – Nusantara; CEO Azzahra Maternal And Neonatal Hospital, dan Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Palembang) dengan topik : “Lets Talk About GERD…!!!” pada hari Jum’at, 30 Maret 2018 Pkl. 8-9 malam hanya di WAG KOMPASS – Nusantara.

Semoga bermanfaat dan Salam SATU KEBAIKAN UNTUK SATU SENYUMAN….🙏🏻🙏🏻🙏🏻

Yudi Ananta,
Founder KOMPASS – Nusantara
#ACTMotivator

Sumber: kompass.id

Baca juga: Begini Sebabnya Warna Kulit Manusia Beda Antar Negara!

by Muhammad Idham Azhari

Call Now Button
CALL/WA 0855-777-222-6ABOUT
%d bloggers like this: